Remote Komputer Dari Luar Jaringan LAN (via IP Public)

Kali ini saya sempatkan menulis catatan kecil yang mungkin sudah banyak ditulis orang lain. Selain nambah posting, lumayan bisa bikin otak selalu inget. Imam Syafi’ie pernah berkata “Ikatlah ilmu dengan pena” mungkin bahasa gampangnya kalo pengen inget terus sama suatu pelajaran lebih baik dicatet, karena tulisan saya jelek maka catetnya di blog aja :) .

Topologinya seperti ini :

Dari topologi diatas bisa dilihat kalo kita akan melakukan remote komputer yang terletak di belakang mikrotik. Untuk software remote saya menggunakan UltraVNC free. Modem ADSL saya set bridge, jadi PPPOE lewat mikrotik supaya si RB750 bisa mendapat IP public (110.138.224.***) .

Langkah – langkah yang harus dilakukan :

    1. Install ultravnc di komputer yang akan diremote dan di komputer kita (dalam kasus ini laptop saya)
    2. Komputer yang akan diremote mempunyai IP 2.2.2.2 dan IP public pada mikrotik anda 110.138.224.***. Untuk melihat IP public anda silahkan masuk  ke mikrotik anda,  winbox >> IP >> Adressess.

    1. Setelah masuk ke mikrotik melalui winbox, silahkan masuk ke IP >> Firewall >> NAT , kemudian bikin NAT baru untuk forward dari IP publik ke komputer yang akan diremote (2.2.2.2) :

chain : dst-nat

dst-adreess : 110.138.224.***

protocol : tcp

dst-port : 5900

in-interface  : PPPOE SPIDOL

action : dst-nat

to-address : 2.2.2.2

To-ports : 5900

Berikut ScreenShootnya

    1. Selanjutnya langkah yang terakhir buat NAT lagi, IP >> Firewall >> NAT ,  yang tentu saja kebalikan dari NAT diatas :

chain : dst-nat

src-address : 2.2.2.0/28

dst-address : 110.138.224.***

protocol : tcp

dst-port : 5900

in-interface : LAN

action : dst-nat

to-address : 2.2.2.2

to-ports : 5900

Nah sudah selesai , cukup mudah bukan :)
Sekarang silahakan anda ke kantor,kampus atau sekolah dan jalankan Ultra VNC viewer kemudian isikan dengan 110.138.224.***::5900

Berikut adalah tampilan screen shoot saya :

14 comments

  1. akhlis says:

    Apa bedanya dengan TeamViewer???

  2. mas ultra vnc juga harus diinstall di komputer yang akan diremote ya mas? ada ngk ya mas tanpa harus menginstall ultra vncnya di komputer yang akan di remote. makasih sebelumnya ya mas?

    • pai says:

      Ada menggunakan remote desktop connection, nanti akan saya bahas lebih lanjut . Secara konsep sama tetapi port yang digunakan berbeda

  3. suhada says:

    apa bedanya langsung gunakan winbox tanpa menggunakan UltraVNC

  4. ivan says:

    gan… kita harus instal vnc di komputer yang mau kita remote juga y ?

  5. mahs says:

    waaaaah.. gue gaptek nih mengenai mikrotik…wong mikrotik aja aku gak punya..susah nyarik instalannya di PC..pengen banget padahal bisa

  6. adrianus sumayku says:

    gan, gimana caranya jaringan internet serasa seperti jaringan lokal, yg jauh di sana seperti bisa di akses dengan vpn, selain hamachi ada tidak software lain??

  7. Gusrifansyah says:

    kalo firewallnya pake mangle bisa nggak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *